Yahoo Answer Tutup Selamanya Mulai Mei, Mengapa Forum Diskusi Disetop?
Dunia

Yahoo akan mengalihkan sumber dayanya dari Yahoo Answer untuk lebih fokus ke produk layanan lainnya dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium tepercaya.

WowKeren - Yahoo akan menutup layanan tanya jawab yang sudah berjalan sejak pertama kali diluncurkan 16 tahun lalu, yakni tahun 2005. Mulai 4 Mei mendatang, pengguna yang mengakses situs Yahoo Answer akan langsung dialihkan ke beranda Yahoo.

Situs ini tidak akan lagi menerima pertanyaan baru mulai Selasa (20/4), dan platform akan sepenuhnya menghentikan operasinya pada 4 Mei. Yahoo Answer telah menemani para penggunanya sebelum mulai banyak forum lain bermunculan seperti Reddit. Selain itu di era seperti sekarang ini, mendapatkan informasi apapun sudah lebih mudah dilakukan.

Menurut catatan yang didapatkan oleh The Verge dari anggota Yahoo Answer, layanan ini semakin kehilangan popularitasnya selama bertahun-tahun. Hal ini disebabkan karena kebutuhan anggota yang terus berubah.


"Meskipun Yahoo Answers pernah menjadi bagian penting dari produk dan layanan Yahoo," bunyi catatan itu. "Yahoo Answers menjadi kurang populer selama bertahun-tahun karena kebutuhan anggota kami telah berubah."

Sementara itu, Yahoo akan mengalihkan sumber dayanya dari Yahoo Answer untuk lebih fokus ke produk layanan lainnya. "Kami telah memutuskan untuk mengalihkan sumber daya kami dari Yahoo Answers untuk fokus pada produk yang melayani anggota kami dengan lebih baik dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium tepercaya," lanjut catatan itu.

Yahoo Answer bukan satu-satunya forum diskusi yang menutup layanan mereka. Pada 2017 ada Internet Movie Database memutuskan untuk menutup papan pesan mereka. Menurut mereka, papan pesan tersebut sudah tak mampu lagi memberikan pengalaman yang positif dan bermanfaat bagi sebagian besar lebih dari 250 juta pengguna bulanan yang ada di seluruh dunia.

Sementara itu, Arun Sundararajan, seorang profesor di Stern School of Business Universitas New York, mengatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir, ada kesadaran yang meningkat tentang perlunya moderasi konten untuk menghindari terjadinya misinformasi. Selain itu, ia mengatakan ada beberapa alternatif selain Yahoo Answers, termasuk Facebook, Twitter, Reddit, dan Quora yang bisa digunakan oleh pengguna.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts