Mengejutkan! Terungkap Anggota TNI Berkhianat Malah Gabung KKB Intan Jaya Papua
Nasional

Pratu Lucky Y Matuan, atau akrab disapa Lukius, dilaporkan berbelot dan kini bergabung dengan KKB Papua di Intan Jaya. TNI memastikan sudah memecat yang bersangkutan.

WowKeren - Beberapa waktu belakangan aktivitas Kelompok Kriminal Bersenjata di Intan Jaya, Papua semakin meresahkan. Guru hingga ojek online yang notabene tidak terlibat konflik dengan mereka pun ikut menjadi sasaran aksi brutal kelompok separatis ini.

Dan kekinian sebuah kabar mengejutkan datang dari TNI yang bertugas di sana. Pasalnya dilaporkan seorang anggota TNI dari Kesatuan Raider 400 Kodam IV/Diponegoro malah berbelot dan bergabung dengan KKB Papua di Intan Jaya.

Adalah Pratu Lucky Y Matuan, atau yang sebelumnya akrab disapa Lukius, yang memutuskan bergabung dengan kelompok ekstremis tersebut. "Pratu Lukius ini pengkhianat dan masuk dalam daftar orang yang dicari dari KKB di Intan Jaya," jelas Asisten Operasi Kogabwilhan III, Brigjen TNI Suswatyo.

Sebelumnya Lucky memang ditempatkan di Pos Bulapa, Kabupaten Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021. Namun pada Februari kemarin ia memutuskan untuk bergabung dengan KKB.

Kendati demikian, Suswatyo memastikan Lucky tidak membawa senjata api ketika berbelot ke KKB. "Kami pastikan dia tak membawa senjata api waktu bergabung ke hutan bersama KKB Papua," kata Suswatyo.


Saat ini TNI pun melakukan pengejaran atas Lucky dan dipastikan yang bersangkutan akan menerima tindakan tegas. Suswatyo juga berharap agar bergabungnya Lucky tidak membuat kekuatan KKB meningkat.

"Aparat keamanan dipastikan akan melakukan penindakan bila menemukannya," tegas Suswatyo. "Kalau ketemu, ya kita matikan dia, karena sudah bergabung ke kelompok ekstremis."

Berdasarkan data yang dihimpun, Pratu Lucky Y Matuan alias Lukius merupakan anggota Yonif 410 yang diperbantukan ke Raider 400 dan sama-sama berada di bawah Kodam IV/Diponegoro. Pasukan ini merupakan pemukul yang ditugaskan di daerah rawan di Intan Jaya, Papua.

Lewat jejak digitalnya, tampak Lukius yang memang banyak berteman dengan akun pro-KKB. Belum diketahui apa alasan Lukius bergabung dengan KKB.

Namun yang pasti seluruh hak atas Lukius sebagai anggota TNI sudah dihentikan. Yang bersangkutan juga tak akan lagi diterima jika kembali ke TNI.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts