1,2 Juta Formasi Dibuka di CPNS-PPPK 2021, Dosen dan Perawat Paling Banyak Dicari
Nasional

Seleksi rekrutmen CPNS, PPPK guru, dan PPPK non-guru siap dibuka mulai Mei 2021 mendatang. Berikut formasi yang paling banyak dicari di seleksi CASN tahun ini.

WowKeren - Menjadi Aparatur Sipil Negara masih menjadi pekerjaan impian banyak masyarakat Indonesia. Tak heran jika pengumuman rekrutmennya banyak dinantikan, termasuk untuk formasi tahun 2021 ini.

Dan informasi perihal rekrutmen Calon ASN tahun 2021 kembali dibocorkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Sabtu (17/4) hari ini.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menjelasakan seleksi CASN hari ini meliputi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru dan non-guru. Sedangkan seleksi sekolah kedinasan akan dimulai lebih awal daripada ketiga jalur rekrutmen tersebut.

"Total kebutuhan ASN tahun ini 1.275.387 di pemerintah pusat dan daerah," terang Tjahjo melalui siaran daring, Sabtu (17/4). "Ini termasuk guru PPPK, PPPK non-guru, dan CPNS."

Dalam siaran persnya, Tjahjo juga menegaskan bahwa seleksi akan difokuskan pada pencarian pegawai yang siap terjun ke lapangan alih-alih pegawai administrasi. Dan dari semua formasi yang dibuka, Dosen serta Perawat merupakan yang paling banyak dicari.


Melansir rangkuman siaran pers Penerimaan CASN 2021 di Kontan, disebutkan 61.128 formasi di 56 kementerian/lembaga. Sedangkan ada 10.787 formasi di 30 pemerintah provinsi dan 94.990 formasi di 435 pemerintah kabupaten/kota.

Untuk tingkat kementerian/lembaga, formasi yang paling banyak dicari adalah Dosen, Penjaga Tahanan, dan Penyuluh Keluarga Berencana (KB). Sedangkan di tingkat pemerintah daerah terbagi dalam 2 kategori, yakni tenaga kesehatan dan jabatan teknis.

Di tingkat pemprov, formasi terbanyak dicari di jabatan tenaga kesehatan meliputi Perawat, Dokter, dan Asisten Apoteker. Hal serupa juga tampak di rekrutmen jabatan tenaga kesehatan formasi pemerintah kabupaten/kota.

Sedangkan untuk jabatan teknis formasi pemprov, yang terbanyak dicari adalah Pranata Komputer, Polisi Kehutanan, dan Pengawas Benih Tanaman. Sedangkan di tingkat pemkab/pemkot meliputi Penyuluh Pertanian, Auditor, serta Pengelola Pengadaan Barang Jasa.

Untuk pendaftaran rekrutmen ini baru dibuka Mei sampai Juni 2021 mendatang. Seleksinya dilakukan Juli hingga Oktober 2021, kemudian pengumuman kelulusan pada November, dan diakhiri pemberkasan serta penetapan NIP pada November 2021 sampai Januari 2022.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts