Indonesia Kirim Bantuan 200 Unit Oksigen Konsentrator, Menlu Retno Kenang Jasa India di Awal Pandemi
YouTube/ Sekretariat Presiden
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Dalam pelepasan bantuan hibah pemerintah Indonesia tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenang jasa India untuk Tanah Air di awal masa pandemi corona.

WowKeren - Indonesia mengirimkan bantuan penanganan virus corona (COVID-19) ke India. Bantuan berupa 200 unit oksigen konsentrator tersebut dikirimkan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu (12/5) hari ini. Sebelumnya, pemerintah bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia dilaporkan juga telah mengirimkan bantuan berupa 1.400 tabung oksigen silinder ke India pada 10 Mei 2021 lalu.

Dalam pelepasan bantuan hibah pemerintah Indonesia tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenang jasa India untuk Tanah Air di awal masa pandemi corona. Menurut Retno, pemerintah India sebelumnya membantu Indonesia memperoleh ekspor bahan baku obat.

"Sejak awal pandemi, Indonsia dan India sudah bekerjasama melawan COVID-19," tutur Retno dalam konferensi pers pada hari ini. "Di awal masa pandemi, saya masih ingat betul karena saya langsung melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri India bagaimana pemerintah India memfasilitasi sehingga ekspor bahan baku obat yang pada saat itu sangat diperlukan oleh Indonesia dapat diperoleh Indonesia."

Selain itu, India juga berperan dalam pengadaan vaksin COVID- 19 di Indonesia melalui COVAX Facility. Retno pun menegaskan bahwa Indonesia selalu bersyukur atas dukungan India di masa pandemi corona ini.


"Sekarang adalah waktu untuk menunjukkan dukungan kami," kata Retno dalam bahasa Inggris. "Indonesia akan berdiri bersama India di masa-masa sulit ini. Kami berkomitmen untuk berbagi beban dengan masyarakat India."

Lebih lanjut, Retno mengungkapkan bahwa ini bukan pertama kalinya Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan untuk negara sahabat. Saat pandemi corona mulai terjadi di Wuhan, Indonesia disebut telah memberikan bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, dan hand sanitizer.

"Indonesia juga memberikan bantuan kepada sahabat kita di Palestina dan negara-negara Pasifik," "Indonesia juga berkontribusi melalui CEPI untuk mendukung akses setara vaksin bagi semua negara."

Solidaritas, kolaborasi, dan kerjasama dinilai menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi pandemi COVID-19. "Hanya dengan spirit solidaritas dan kerjasama kita dapat keluar dari pandemi ini sebagai pemenang," pungkas Retno.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts